Rabu, 02 Maret 2011

Life Never Be The Same

I'm already on 2011.. and its March by the way ;p

Many things happen last year, I even forgot how strong I am thru that time.
Y' know, sometimes in ur life there's one thing came suddenly and it change everything, EVERYTHING. Your life never be the same and it takes you to adapted fast. Well, here the stories begin....

Gw masih inget hari itu, hari dimana semua hal di hidup gw mulai beralur kaya sinetron. Awal 2010 kmaren, adek laki-laki gw baru pulang dari pesantrennya. Yeah, gw adalah org yang paling bersikukuh buat ngeluarin ade gw dari sekolah pesantrennya itu. Gw bukannya ga mendukung dia dengan pendidikan agama yang diajalaninnya. Tapi, beneran deeh.. pesantren ga sebagus ituu kalo someday lo jd orang tua dan berekspektasi dengan masukin anak lo ke pesantren, keluar-keluar dia punya ahlak yang baik dan budiman. Dan gw sering mendebat hal ini dengan orang tua gw, bahkan juga sama pacar gw sekarang (karena dia dulu pernah di pesantren dan dia merasa pesantren itu kuwl. Wth?!) Oke, stop tentang komentar gw untuk sekolah adek gw. Finally, dia ahirnya keluar dari pesantren dan balik kerumah.

Apa yang kalian ekspektasikan dari adek laki-laki yang kalian punya, yang setelah 3 tahun hidup entah berantah dimana dan ahirnya pulang kerumah kembali ke lingkungan keluarga dan lingkungan sosial yang sebenernya? Setuju ga sih kalo hal tersimple yang kalian pengenin adalah ngeliat dia menjalani hidupnya dengan normal. Gw mungkin lupa bilang, ade gw di pesantren dari SMP sampe SMA kelas 1 semester 1. Oke, maksud gw normal disini adalah, menjalani masa SMA nya sebagai cowo normal pada umumnya, nikmatin waktu bareng temen, hang out, deketing cewe, jadian, putus, cabut sekolah, jd cowo yang bisa ngelindungin kaka cewenya, dan hal-hal lain yang sering gw liat temen2 cowo gw lakuin pas sekolah (yah, except ngerokok atau narkoba. AMIT2 JABANG BAYI!!!!)

Tapi, kayanya mungkin Allah emang selalu tau apa yang terbaik buat hambaNya. Semua hal yang gw pikir baik, atau seenggaknya semua hal yang gw khayalin bakal terjadi ternyata ga berjalan sesuai apa yang gw pikirin. Ade gw punya takdirnya sendiri...................

Sejak dia balik kerumah awal taun, udah beberapa kali dia ngeluh kalo kaki kirinya sakit sampe dia jalan pincang-pincang, bahkan susah tidur. Kita sekeluarga nganggep mungkin ade gw salah urat, kecengklak, abis jatoh, atau apalah hal yang sejenis itu. Tapi, rasa sakit ade gw itu berlangsung lama, sampe gw pernah nganterin dia ke tukang urut dan dia masih belom sembuh juga. Lucky us, atau tepatnya Alhamdulillah Allah membuat ada satu dokter di rumah, even dokter gigi, yaitu kaka gw. Dia ngerasa curiga sama sakit di kaki ade gw, dia ngerasa sakit di kaki ade gw ini bukan sakit biasa, bukan sakit karena jatoh atau faktor2 eksternal lainnya, dan ahirnya dia bilang sm bonyok kalo kaki ade gw harus di ronsen untuk mastiin ada apa dengan kaki ade gw.

Pemeriksaan pun dilakuin, ade gw di ronsen sama salah satu dokter kerabat keluarga. Hasil ronsen di awal udh nunjukin adanya hal yang ga beres. Ada suatu jaringan di sekitar lutut kiri ade gw, dokter waktu itu bilang mungkin ini peradangan, jaringan sel penutup luka yang lagi tumbuh (atau apalah itu) atau mungkin juga......tumor. Prediksi terahir bener2 bikin kepala gw kaya disengat jutaan lebah. Sumpah ini gw ga lebay. Beneran. Baru prediksi aja gw udah lemes, gw ga siap ngebayangin kalo hal itu harus nimpa ade gw. Dia masih kecil, masih banyak yang bisa dia lakuin, masih banyak yang harus dia rasain, dan ade gw COWO!!!! Gw udah ngebayangin hal terburuk apa yang bakal dia alamin kalo prediksi yang terahir ternyata beneran.

Gw gatau gw harus gimana, gw gamungkin nangis depan ade gw. Gw gamungkin nangis depan nyokap gw atau depan bokap gw. Gw tau banget bokap nyokap gw pasti lebih sakit dari pada gw, bojap nyokap gw pasti lebih kesengat milyaran tawon dari pada gw. And, fyi ade gw adalah anak laik satu-satunya, jadi yaaa kira-kira bisa dibayangin lah yaaa. Gw tau gw harus lebih kuat dari nyokap bokap gw, lebih kuat buat orang tua gw, buat ade gw terutama. Gw beruntung gw punya kakak cewe yang luar biasa hebat. Kakak gw kuat banget, dia bener2 tegar, dia bisa nenangin nyokap bokap, bahkan gw juga, entah karena dia dokter jadi mungkin dia emang diajarin buat bisa selalu ngasih harapan positif ke orang-orang di sekelilingnya. Yang jelas gw luar biasa salut sama kaka gw. I'm so proud of you, Panda :")

Pemeriksaan lebih lanjut pun dilakuin, sayangnya gw gabisa turut ambil bagian nemenin ade gw buat ngejalaninnya. Gw harus kuliah dan gw dikosan. Gw cuman bisa dapet kabar lewat sms atau telfon, itu pun gw harus nungguin nyokap atau kaka gw dengan kerelaan hati ngabarin duluan. Gw ngerti sih, waktu itu pst hectic dan stress bgt, kalo gw rewel nanya ini itu mulu pst tambah bikin sebel (udah orangnya gaada, tp banyak nanya). Jadi, gw di kampus, kuliah, dan cuma nunggu harap-harap cemas.

Sampe suatu hari, nyokap nelfon gw sambil nangis. Gw udah tau feeling gaenak, gw tau apa yang mau dia bilang, gw cuma berharap gimana caranya gw ngontrol emosi gw, karena gw dikelas waktu itu. Sambil nangis, nyokap bilang kalo ade gw kena kanker tulang. KANKER TULANG!!! Bayangin kalimat itu aja gw ga pernah berani, dan sekarang dia menjadi bagian dari kehidupan ade gw. Ade laki-laki gw yang gw sayang, yang gw bayangin bakal jadi privat body guard, bakal jadi cowo yang keren yang bakal banyak disukain cewe2...................

Sejak hari itu, sejak menit nyokap gw nelfon, kehidupan gw udah berubah. Kehidupan gw udah ga sama lagi. Ade gw kena kanker, dia harus kemoterapi, dia harus operasi, dia harus dikemo lagi abis dioperasi. Kanker tulang atau osteosarkoma itu telah ngambil masa-masa 'main' ade gw. Sampe kapan pun ade gw gaakan pernah bisa lari, gaakan pernah bisa main bola, gaakan pernah bisa main basket, bahkan ade gw ga bisa duduk dengan normal karena kakinya ga bisa ditekuk 45 derajat.

Suatu hari, gw solat, dalam solat gw, gw nangis depan Allah, gw marah, gw sedih, gw kecewa, gw mempertanyakan, KENAPA HARUS ADE GW? KENAPA HARUS KELUARGA GW? KENAPA GW HARUS LIAT ADE GW NAHAN SAKIT SAMPE TERIAK2? Gw ga tahan setiap dia kesakitan nahan sakit luka abis operasinya, gw ga tahan liat dia gabisa makan apa-apa selama kemo.... KENAPA ADE GW?? KENAPA HARUS ADE GW YANG NGALAMIN DARI SEKIAN MILYAR LAKI-LAKI DI BUMI INI??? Mungkin buat lo yang lagi ga sengaja baca blog ini mungkin gabisa ngebayangin rasanya kaya apa, tapi percaya deh disengat tawon mungkin lebih baik dari ngerasain ini.

Gw cukup melewati masa yang sulit, dimana gw selama beberapa bulan harus tidur dirumah sakit nemenin ade gw, gw harus membujuk dia biar makan supaya dia punya tenaga untuk bisa bertahan sama penyakitnya, gw harus pasang muka penuh senyum positif ke nyokap setiap dia nangis ngeliat keadaan ade gw, gw harus selalu stand by 24 jam buat ade gw ketika dia muntah kapan aja, gw harus survive sama kuliah gw disaat gw juga hrs jagain ade gw, gw belajar jadi suster dirumah, mandiin ade gw dikamar, nyuapin, ngingetin minum obat dan hal-hal lain yang harus gw lewatin. Gw sendiri adalah org yang sebenernya short memory syndrome terhadap hal-hal apa yang pernah gw lewatin, tapi yang pasti gw inget adalah itu masa yang sangat sulit, buat gw dan keluarga gw.

Well, time goes by. Gw bersykur sama Allah atas kekuatan yang dia kasih. Gw gatau gw bisa ngelewatin itu semua sampe titik ini. Yang pasti gw tau, kekuatan ini datang dari Nya. Allah ngasih ini semua biar gw bisa belajar banyak hal, bahwa..
1. Setiap keluarga punya masalahnya masing-masing

2. Surga dijanjikan untuk semua orang yang sabar, dan gw tau gimana ade gw udah dengan sabar melewati semuanya. Begitu pun dengan keluarga gw, gw berharap cobaan yang kita hadapin dibalas dengan surga juga

3. Menjadi bersyukur atas tiap hal di hidup kita. Kadang kita suka lupa bersyukur tentang hal-hal kecil, bisa jalan, bisa mandi, bisa makan, hal itu sebenernya mahaaalll bgt, ketika semua yang skrg kita punya diambil bahkan mungkin cuma seuprit sm Allah

Gw yakin semua orang punya masalah di hidupnya, dan setiap masalah pasti akan membawa kebaikan kalo kita inget bahwa kita punya Tuhan yang jauh lebih besar dan hebat dibanding semua masalah yang kita hadapi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar